Setelah syeikh Siti Jenar keluar dari anggota WALISONGO, Himpunan Walisongo menjadi kurang satu orang. Untuk mencukupi agar kembali berjumlah sembilan, maka para wali mengadakan musyawarah untuk menentukan siapa lagi patut dijadikan anggota Walisongo.

Sunan Kalijaga yang ikut serta dalam musyawarah itu memilih Adipati Semarang sebagai pengganti Syeikh Siti Jenar mula mula para wali tidak menyetujui atas pilihan Sunan Kalijaga karena Adipati Semarang yang bernama Ki Pandan Arang itu adalah seorang yang materialistis.

Setelah ada pernyataan kesanggupan dari Sunan Kalijaga  untuk mencoba menyadarkan Ki Ageng Pandan Arang. maka para wali lainnya hanya tinggal menunggu dan melihat hasilnya.

Ki Ageng Pandan Arang terkenal sebagai seorang Adipati yang kaya raya dan terlalu cinta kepada harta dunia. Rumahnya banyak dan besar besar. binatang ternak dan kuda kudanya hampir tak dapat dihitung dengan jari.strinya banyak dan juga cucunya.

Sebenarnya tugas dalam pemerintahan baginya cukup banyak, tapi Ki Ageng pandan Arang sedikitpun tak merasa disibukkan urusan pemerintahan. Semua itu karena Ki Ageng Pandan Arang adalah seorang yang tamak akan harta.

Oleh karena itu Ki Ageng Pandan Arang masih lebih banyak menyempatkan diri untuk berdagang bermacam macam dagangan, seperti emas permata sampai kepada ternak sapi, kerbau dan kambing. Ki Ageng Pandan Arang pandai dalam dunia perdagangan untuk mencari  dagangan yang murah dan lihai pula mencari masa yang tepat menjual dagangannya dengan harga semahal mahalnya.

Pada suatu hari datang kerumahnya seorang penjual rumput untuk menawarkan rumputnya. Setelah Ki Ageng Pandan Arang menanyakan berapa harganya satu pikul, ternyata harganya sangat murah, hanya dua puluh lima keteng. Padahal umumnya harga rumput satu pikul paling murah empat puluh keteng. maka baginya adalah keberuntungan.

Ki Ageng Pandan Arang tanpa menawar, langsung membayar dan menyuruhnya agar rumput itu dibawa kebelakang rumah. Setelah penjual rumput itu sudah pergi. Ki Ageng Pandan Arang menyuruh pelayannya untuk membuka ikatan rumput tadi ingin mengetahui benarkah rumput yang semurah itu baik semuanya…? Setelah pelayan membuka ikatannya, tiba tiba nampak olehnya didalam onggikan rumput terdapat bungkusan kecil dan diserahkan kepada Ki Ageng Pandan Arang. bungkusan itu berisi uang dua puluh lima keteng. Ki ageng Pandan Arang tersenyum gembira karena dapat rejeki nomplok.  BERSAMBUNG